INFO GEMPA DI MOROWALI

*GEMPABUMI TEKTONIK M = 4.9 MENGGUNCANG BUNGKU (KAB. MOROWALI) PROPINSI SULAWESI TENGAH, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI*

● Hari Sabtu,  23 November 2019 pukul 15:50 WITA, wilayah Bungku (Kab. Morowali), Propinsi Sulawesi Tengah diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 4.9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.62 LS - 121.91 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 11 km arah baratdaya Bungku (Kab. Morowali),  Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km.

● Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas  sesar lokal setempat.

●  Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan IV MMI di Morowali; III-IV MMI di Bahodopi; II MMI di Malili; . Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.  Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

● Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG.

Palu, 23 November 2019
Kepala Stasiun Geofisika Palu

TTD

Cahyo Nugroho, SE, S.Si

NIP. 197508051998031001
                                                           sumber : www.bmkg.go.id
https://m.facebook.com/damkar.morowali/

Comments

Popular posts from this blog

ARTI DAN MAKNA LAMBANG PEMADAM KEBAKARAN